MANFAAT TIDUR NYENYAK - Pujakesuma

Post Top Ad

MANFAAT TIDUR NYENYAK

Share This
google.co.id

Jangan meremehkan tidur nyenyak, karena penelitian telah membuktikan, tidur nyenyak dapat  mengaktifkan syaraf penghubung memori pendek ke penyimpanan memori panjang di neocortex.

Tidur bukanlah sebuah proses pasif yang membuat orang lupa segalanya. Selama tidur proses penyimpanan memori tetap aktif. Banyak peneliti membuktikan, syaraf-syaraf memori tetap aktif selama tidur, seolah otak sedang memutar kembali sebuah rekaman. Otak membangun dan mengorganisasikan sirkuit-sirkutinya selama kita tidur. Tentu saja ada proses seleksi dalam hal ini. Sebagian besar informasi yang kita dapat setiap hari diprogram untuk penyimpanan jangka pendek. Hari ini kita ingat apa sarapan tadi pagi di mana kita parkir mobil. Tetapi ketika tidur, sebagian besar informasi itu terlupakan. Tidak seluruhnya, pasti, karena ada hal-hal penting yang tetap tinggal dalam ingatan, seperti perselisihan dengan pasangan atau janji wawancara untuk pekerjaan baru, misalnya.

Pertanyaan pentingnya adalah, bagaimana otak kita memutuskan mana yang harus diingat dan mana yang harus dilupakan? Para peneliti Jerman menemukan bukti bahwa otak memilah memori selama tidur dan menyimpan yang paling dianggap relevan. Penelitian yang dimuat dalam Journal of Neuroscience tersebut menyimpulkan, otak mengevaluasi informasi berdasarkan harapan masa depan. Setelah tidur nyenyak, kita akan ingat informasi dengan lebih baik bilamana kita tahu informasi tersebut bermanfaat bagi masa depan.

Dengan demikian terbukti, tidur nyenyak membantu proses konsolidasi memori yang menentukan informasi mana yang layak disimpan dalam memori jangka panjang. Dan informasi yang berkaitan dengan masa depan akan lebih banyak tersimpan.

Tips tidur nyenyak:


  1. Hindari makan atau minum berlebihan sebelum tidur. Makan malam ringan paling lambat 2 jam sebelum tidur. Kalau ada gejalah heartburn(mulas), hindari makanan berlemak atau spicy. Banyak minum juga akan membuat anda sering terbangun ke  toilet.
  2. Biasakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk hari libur. Rutinitas membantu tubuh terbiasa tidur dengan lebih mudah pada waktunya.
  3. Hindari nikotin, kafein dan alcohol pada malam hari. Semua ini adalah stimultan yang membuat tubuh terjaga.
  4. Olah raga dengan teratur. Rajin berolah raga dapat membantu tidur lebih nyenak. Coba berikan jedah 4 jam sebelum tidur, karena sebagian orang akan kesulitan tidur setelah berolah raga berat di malam hari.
  5. Kamar tidur ideal adalah ruangan yang adem, gelap dan tentunya nyaman. Gunakan gordyn black out, tutup mata, penutup kuping, selimut, pengatur suhu udara, dan alat Bantu lainnya untuk menciptakan suasana yang ideal .
  6. Tidur sebaiknya pada malam hari. Tidur siang dianjurkan hanya pada tengah hari dan tidak lebih dari ½ jam.
  7. Matras dan bantal yang baik amat membantu kenyenyakan tidur.
  8. Biasakan diri untuk menjalankan ritual yang membantu tubuh unutk menjadi rileks 15-20 mneit sebelum tidur. Misalnya mandi/celupan dengan air hangat, bermeditasi, mendengarkan musik lembut, dll. (MK)(http://sehatindonesia.com/kolum/1/tips--solusi/2/manfaat-tidur-nyenyak)

No comments:

Post a Comment

Pelan-pelan saja ngetiknya, gak ngantri kok prend... :)

Post Bottom Ad

Pages