Sebagai umat muslim, sholat merupakan kewajiban utama. Namun belum banyak yang mengetahui manfaat sholat untuk kesehatan. Benarkah sholat memiliki relasi dengan kesehatan tubuh manusia? Sudah sejak lama para peneliti melakukan riset tentang hubungan antara sholat dengan keberlangsungan hidup manusia. Beberapa diantara hasil penelitian mencengangkan banyak orang baik muslim maupun non-muslim.

Manfaat sholat untuk kesehatan yang paling utama adalah memperlancar peredaran darah. Beberapa gerakan dalam sholat seperti ruku dan sujud membuat sirkulasi darah ke otak berjalan lebih baik. Maka tidak heran jika tubuh terasa semakin ringan dan sehat dengan menjalankan sholat. Bukan hanya sholat 5 waktu tetapi amalan sholat lainnya yang dianjurkan. Banyak yang menjadi sehat kembali setelah melaksanakan sholat dengan baik.

Beberapa Manfaat Sholat untuk Kesehatan

Selain untuk melancarkan peredaran darah seperti yang telah disebutkan diatas, ini dia beberapa manfaat lainnya dari sholat yang berdampak baik bagi kesehatan.

- Memperbaiki posisi tulang belakang

         Gerakan ruku pada sholat mengharuskan kita untuk meluruskan punggung dan tulang belakang. Jika dilakukan dengan benar, maka fungsi tulang belakang akan terjaga dan bisa memperbaiki jika posisinya salah sebelumnya.

- Memperlancar pencernaan

         Gerakan I'tidal yakni dilakukan sehabis ruku dengan mengangkat tangan dan badan tegak kembali sebelum nantinya melakukan gerakan sujud. Gerakan ini dapat melatih organ-organ dalam pencernaan untuk rileksasi dan peregangan sehingga pencernaan bisa lebih lancar.

- Asupan oksigen ke otak

         Otak memperlukan asupan oksigen yang cukup dan hal itu bisa didapat dengan melakukan gerakan sujud secara benar. Maka kemampuan otak bisa terlatih karena sudah mendapat asupan oksigen yang cukup. Namun, sebaiknya lakukan gerakan ini dengan tidak terburu-buru agar manfaatnya bisa didapat.

- Menghilangkan nyeri pada pangkal paha

         Duduk iftirosy atau tahiyat awal dapat membantu menghilangkan nyeri pada pangkal paha. Selain itu, duduk tawarruk atau tahiyat akhir sangat bermanfaat bagi pria untuk mencegah impotensi. Gerakan duduk dalam sholat dapat membantu melenturkan organ tubuh khususnya pada bagian motorik.

Cara Mendapatkan Manfaat Sholat untuk Kesehatan

·         Wudlu dengan benar sebelum sholat agar semua najis hilang.
·         Lakukan sholat dengan tertib/tumaninah.
·         Fokuskan fikiran dan hati pada sang pencipta.
·         Laksanakan shalat tepat waktu.
·         Lakukan amalan sholat lainnya disamping yang wajib.


Ternyata setelah diteliti, sholat tidak hanya sebagai salah satu ritual ibadah saja. Namun dibalik gerakan-gerakannya menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan kita. Hal tersebut tentu saja akan berlaku jika kita melakukannya dengan benar dan khusyuk. Maka, jika ingin hidup sehat, tentram, dan bahagia sebaiknya mulai sekarang kita memperbaiki sholat kita terlebih dahulu. Dengan begitu, manfaat sholat untuk kesehatan pun bisa kita raih selain pahala tentunya.

Ini Dia Manfaat Sholat Untuk Kesehatan yang menakjubkan

        
Sebagai umat muslim, sholat merupakan kewajiban utama. Namun belum banyak yang mengetahui manfaat sholat untuk kesehatan. Benarkah sholat memiliki relasi dengan kesehatan tubuh manusia? Sudah sejak lama para peneliti melakukan riset tentang hubungan antara sholat dengan keberlangsungan hidup manusia. Beberapa diantara hasil penelitian mencengangkan banyak orang baik muslim maupun non-muslim.

Manfaat sholat untuk kesehatan yang paling utama adalah memperlancar peredaran darah. Beberapa gerakan dalam sholat seperti ruku dan sujud membuat sirkulasi darah ke otak berjalan lebih baik. Maka tidak heran jika tubuh terasa semakin ringan dan sehat dengan menjalankan sholat. Bukan hanya sholat 5 waktu tetapi amalan sholat lainnya yang dianjurkan. Banyak yang menjadi sehat kembali setelah melaksanakan sholat dengan baik.

Beberapa Manfaat Sholat untuk Kesehatan

Selain untuk melancarkan peredaran darah seperti yang telah disebutkan diatas, ini dia beberapa manfaat lainnya dari sholat yang berdampak baik bagi kesehatan.

- Memperbaiki posisi tulang belakang

         Gerakan ruku pada sholat mengharuskan kita untuk meluruskan punggung dan tulang belakang. Jika dilakukan dengan benar, maka fungsi tulang belakang akan terjaga dan bisa memperbaiki jika posisinya salah sebelumnya.

- Memperlancar pencernaan

         Gerakan I'tidal yakni dilakukan sehabis ruku dengan mengangkat tangan dan badan tegak kembali sebelum nantinya melakukan gerakan sujud. Gerakan ini dapat melatih organ-organ dalam pencernaan untuk rileksasi dan peregangan sehingga pencernaan bisa lebih lancar.

- Asupan oksigen ke otak

         Otak memperlukan asupan oksigen yang cukup dan hal itu bisa didapat dengan melakukan gerakan sujud secara benar. Maka kemampuan otak bisa terlatih karena sudah mendapat asupan oksigen yang cukup. Namun, sebaiknya lakukan gerakan ini dengan tidak terburu-buru agar manfaatnya bisa didapat.

- Menghilangkan nyeri pada pangkal paha

         Duduk iftirosy atau tahiyat awal dapat membantu menghilangkan nyeri pada pangkal paha. Selain itu, duduk tawarruk atau tahiyat akhir sangat bermanfaat bagi pria untuk mencegah impotensi. Gerakan duduk dalam sholat dapat membantu melenturkan organ tubuh khususnya pada bagian motorik.

Cara Mendapatkan Manfaat Sholat untuk Kesehatan

·         Wudlu dengan benar sebelum sholat agar semua najis hilang.
·         Lakukan sholat dengan tertib/tumaninah.
·         Fokuskan fikiran dan hati pada sang pencipta.
·         Laksanakan shalat tepat waktu.
·         Lakukan amalan sholat lainnya disamping yang wajib.


Ternyata setelah diteliti, sholat tidak hanya sebagai salah satu ritual ibadah saja. Namun dibalik gerakan-gerakannya menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan kita. Hal tersebut tentu saja akan berlaku jika kita melakukannya dengan benar dan khusyuk. Maka, jika ingin hidup sehat, tentram, dan bahagia sebaiknya mulai sekarang kita memperbaiki sholat kita terlebih dahulu. Dengan begitu, manfaat sholat untuk kesehatan pun bisa kita raih selain pahala tentunya.

No comments

Pelan-pelan saja ngetiknya, gak ngantri kok prend... :)