Mendengar istilah Industri 4.0 atau Revolusi Industri 4.0, saya pribadi masih meraba-raba tentang apa yang dimaksud Industri 4.0 atau Revolusi Industri 4.0 itu. Jika saya coba menjabarkan dari kata pembentuknya yakni tersusun dari kata industri  dan angka seri yakni 4.0, ada pula yang menambahkan kata revolusi.

Pixabay.Com
Masih mencoba menjabarkan berdasarkan kata penyusunnya, saya mecoba untuk tidak melihat dipenelusuran yang ada di Google. Kata industri sendiri memiliki arti "kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin" (KBBI), sedangkan angka seri 4.0 menurut saya merupakan urutan sebuah pengembangan atau upgrade suatu hal, bagaimana dengan usur penyusun ketiga ? yakni kata revolusi yang bermakna "perubahan yang cukup mendasar dalam suatu bidang".

Dari tiga unsur penyusun Industri 4.0 atau Revolusi Industri 4.0 saya bisa menarik kesimpulan sederhana yakni Revolusi Industri 4.0 adalah sebuah pengembangan yang sangat besar dibidang produksi atau pabrikan.

Pixabay.Com

Berikut kutipan dari wikipedia tentang Industri 4.0, disini saya sudah mulai kepo dengan cara menelusurinya di Google.

Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.
Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas". Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Lewat komputasi awan, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.


Dengan hasil wikipedia di atas, saya lebih merasa tercerahkan perihal  Industri 4.0 atau Revolusi Industri 4.0. Semakin dalam mencari-cari saya jadi berfikir Apa dampak dari Revolusi Industri, Tahapan revolusi Indusri Apa saja yang telah kita lalui, Siapa tokoh revolusi industri, dan lain sebagainya.

Bersambung...
Tunggu updatenya tetap dilink ini ya...

Artikel Terkait

6 komentar untuk Apa kata mereka ??? Tentang Industri 4.0 atau Revolusi Industri 4.0

Bijaklah dalam berkomentar Sobat...
Komentar selalu dimoderasi...
Klik Tab Emoticon, untuk mengetahui kode icon...

avatar
Firdaus Deni Febriansyah
# 20 February 2019 at 08:27

Sekarang jaman udah canggih ya. Semua sudah sdrna daring....

Balas Hapus
avatar
Adam Syf
# 20 February 2019 at 08:33

Sepertinya pembahsan ini perlu do diskusikan lg pak hans digrup.. Sangat menarik untuk dibahas..

Balas Hapus
avatar
Kurazone
# 20 February 2019 at 09:17

Topik ini yang saat ini menjadi perbincangan di awal tahun 2019.. Bahkan sampai diadakan kompetisi blog untuk menyaring bagaimana respon dan tanggapan para netizen terhadap industri 4.0 ini.. Benar benar topik yg eksaitit bangets..

Balas Hapus
avatar
Hendry Adriansyah
# 20 February 2019 at 17:08

Beberapa hari yang lalu saya dengar istilah ini. Kalau dari pengertian Wikipedia susah mencernanya ya :v kalau dari yang saya dapat intinya teknologi sudah memasuki industri. Semua kegiatan insdusti pakai teknologi.

Balas Hapus
avatar
Yusuf Maulana N
# 24 December 2019 at 14:56

mantap jiwa,, perkembangan industri 4.0 cukup sangat luas sekali ya pelebarannya. ty atas sharing artikelnya Kaka Hana. Sukses sehat selalu ya :-D

Balas Hapus
avatar
Heripedia
# 11 January 2020 at 22:51

Ini merupakan pembahasan pertama pada saat saya ngampus kemaren gan mengenai Industri 4.0 hehehe

Balas Hapus