8 Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal Uang Banyak

Apakah saat anda memiliki sebuah ide bisnis? namun anda tidak memiliki cukup uang untuk memulai bisnis tersebut hhhmm hal ini pasti menyulitkan diri anda. Banyak dari kita berpikir, untuk memulai suatu bisnis pasti memerlukan modal yang cukup. Berikut ini adalah cara memulai bisnis tanpa modal

Namun faktanya tidak semua ide bisnis selalu membutuhkan modal banyak. Simak beberapa tips memulai bisnis tanpa uang, yang saya rangkum dari berbagai situs di google.com

Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal
Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal

A. Mulai Bisnis Layanan atau Konsultasi

Dalam emulai bisnis konsultasi ini, Anda hanya membutuhkan sebuah laptop atau komputer untuk melakukan bisnis konsultasi secara online atau jarak jauh. Tentunya dalam hal ini juga dibutuhkan akses internet. Maka dari itu Anda tidak perlu repot-repot menyewa tempat dan mengeluarkan dana besar untuk memulai bisnis ini.

B. Crowdfunding

Crowdfunding adalah dimana anda harus mencari investor untuk memodali usaha anda melalui internet. Pemilik bisnis dapat langsung mengajukan ide startup mereka ke prinsipal platform dengan harapan dipertimbangkan untuk pendanaan usaha yang akan dijalankan. Namun, Anda harus memeriksa terlebih dahulu di balik platform crowdfunding untuk memastikan memiliki nilai reputasi yang cukup baik.

C. Inkubator

Inkubator bisnis adalah perusahaan yang membantu memulai perusahaan melalui fase awal pengembangan mereka hingga mencapai titik memiliki sumber daya keuangan, fisik, dan manusia yang memadai untuk bergerak maju sendiri.

D. Angel Investors

Angel investor adalah investor individu yang menanamkan uang mereka sendiri, untuk berinvestasi dalam bisnis awal dan tahap awal yang menjanjikan. Sebagai imbalan atas pendanaan ini, angel investor biasanya akan menerima kepemilikan saham dalam bisnis. Investor Angel dapat berinvestasi secara langsung, melalui jaringan investasi malaikat atau bahkan melalui platform crowdfunding.

E. Jalur Kredit

Anda bisa mendapatkan dana dengan meminjam melalui bank atau sumber pinjaman lainnya. Namun, Anda harus mempertimbangkan kembali resiko adanya bunga yang harus dibayar juga. Meminjamlah semampunya, jangan meminjam terlalu banyak tapi sesuaikan dan perkirakan apakah bisnis akan berjalan baik atau tidak, maka diperlukan banyak pertimbangan sebelum meminjam ke bank.

F. Administrasi Bisnis Kecil

Small Business Administration (SBA) bekerja dengan usaha kecil untuk memfasilitasi pinjaman melalui pemberi pinjaman yang berpartisipasi. SBA tidak meminjamkan uang secara langsung, tetapi bekerja dengan bisnis kecil untuk mencocokkan mereka dengan pemberi pinjaman yang tepat, untuk kebutuhan mereka. SBA menawarkan jaminan yang meminimalkan risiko bagi pemberi pinjaman yang berpartisipasi.

G. Hibah Usaha Kecil

Hibah usaha kecil pada dasarnya adalah uang gratis. Tidak seperti pinjaman yang harus dilunasi. Hibah ini jauh lebih langka daripada pinjaman usaha kecil. Proses aplikasi sangat ketat dan ada banyak kompetisi untuk hibah ini.

Hibah biasanya untuk tujuan tertentu, seperti membeli peralatan yang berkaitan dengan usaha bisnis yang berorientasi lingkungan. Dana tidak dapat digunakan di luar parameter yang ditetapkan oleh organisasi yang memberikan uang.

H. Teman dan Keluarga

Keluarga Anda atau teman-teman, bahkan mungkin teman lama yang  selama bertahun-tahun mungkin bisa menjadi sumber pendanaan untuk bisnis baru Anda.

Artikel Terkait

0 komentar untuk 8 Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal Uang Banyak

Bijaklah dalam berkomentar Sobat...
Komentar selalu dimoderasi...
Klik Tab Emoticon, untuk mengetahui kode icon...