Sebelum masuk ke dalam inti artikel, jika kamu ingin mendapatkan informasi seputar hewan, silahkan kunjungi Sudut Hewan. Felis catus merupakan sebutan ilmiah untuk binatang mamalia karnivora yang kerap menjadi peliharaan ini. Kucing, demikian kita biasa menyebutnya. Binatang lucu ini tentunya memiliki umur yang berbeda dengan manusia. Umur terlamanya bisa mencapai 20 tahunan atau jika dibandingkan dengan manusia, setara dengan manusia berumur 90 tahunan. Karena itu, masa terbaik untuk kucing hamil, adalah pada umur 1 hingga 2 tahunan.

Gambar oleh abubibolabu dari Pixabay

Lantas saat berapa lama kucing hamil, apakah lamanya juga sama dengan manusia? Tentunya saja berbeda. Masa kucing hamil berkisar antara 58 hingga yang paling lama adalah 70 harian atau sekitar 2 bulan lamanya. Yang tidak kalah menakjubkan, dalam satu kantung perut kucing hamil, bisa lahir beberapa anak kucing yang menggemaskan.

Gambar oleh Marc Pascual dari Pixabay

Layaknya manusia, jika Anda sudah melihat perut kucing membesar maka sebaiknya segera membawanya ke dokter hewan. Setidaknya Anda akan tahu apa saja yang harus dilakukan selama binatang kesayangan Anda hamil. Biasanya dokter hewan akan memberikan obat agar kucing tetap sehat selama kehamilan dan masa melahirkan tiba. Meskipun secara alami, kucing sebetulnya bisa melahirkan tanpa bantuan sekalipun.

Pemberian gizi yang tepat juga bisa menjadi penentu berapa lama kucing hamil. Karena asupan gizi yang buruk atau salah makan, juga bisa menjadi penyebab bayi-bayi kucing lahir lebih cepat atau prematur. Bahkan sebisa mungkin, kucing hamil sebaiknya segera dipisahkan dari kucing lainnya, setidaknya tiga minggu sebelum dan setelah melahirkan.

Kemudian untuk mengenal bagaimana ciri-ciri kucing hamil juga sebetulnya gampang-gampang susah. Kecuali jika perut kucing sudah terlihat membesar, barulah kita menyadarinya. Berikut ini sedikit penjelasannya agar Anda bisa mengetahuinya dan segera mempersiapkan tempat untuk kucing yang akan melahirkan.

Muntah

Layaknya manusia, perubahan hormon menyebabkan kucing juga mengalami muntah pada awal kehamilannya. Namun sebetulnya ini juga bukan ciri khusus. Karena bisa saja kucing muntah karena salah makan, virus, atau memang harus memuntahkan bulu yang masuk ke dalam perutnya.

Nafsu makan

Nafsu makan pada kucing hamil biasanya akan meningkat drastis. Karena segera pilihkan makanan terbaik yang kaya akan protein agar energinya tetap terjaga.

Berhentinya siklus birahi

Untuk kucing yang sudah siap hamil atau kucing dewasa, biasanya akan mengalami siklus birahi setidaknya selama 7 hari antara 1 hingga 1,2 bulan. Masa ini akan dilewati begitu saja oleh kucing yang baru hamil.

Banyak tidur

Banyak tidur untuk kucing hamil adalah hal biasa, ini juga karena ia banyak makan. Lain halnya bila kucing sakit, ia akan banyak tidur namun nafsu makan jauh berkurang.

Berubah sikap

Layaknya ibu hamil, kucing yang tengah mengalami masa hamil juga kerap menjadi manja dan bertingkah lebih lembut dari biasanya. Namun, tidak jarang pula kucing hamil yang terlihat gelisah dan lebih senang memisahkan diri.

Perubahan tubuh

Secara alamiah, puting pada kucing yang sedang hamil juga akan membesar dan kemerahan. Dan ketika sudah dekat dengan masa melahirkan, air susu kucingpun biasanya sudah terlihat. Kemudian bulu disekitar puting juga akan terlihat menipis. Anda tidak perlu cemas, karena ini bersifat sementara dan bulupun akan segera kembali tumbuh. Satu hal lagi yang akan terlihat jelas adalah perubahan pada punggung kucing yang terlihat melengkung, ini biasanya terjadi ketika usia kehamilannya sudah cukup tua.

Itulah penjelasan mengenai berapa lama kucing hamil dilengkapi dengan penjelasan ciri-ciri kucing hamil. Pahami kondisi ini agar kucing terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya kebiasaan Anda yang rutin memberikan obat cacing juga bisa dihentikan. Karena yang dikhawatirkan, kucing akan mengalami keguguran atau lahir prematur.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Berapa Lama Kucing Hamil

Bijaklah dalam berkomentar Sobat...
Komentar selalu dimoderasi...
Klik Tab Emoticon, untuk mengetahui kode icon...