Hay fever atau rhinitis alergi adalah sebuah penyakit dimana penderitanya akan mengalami peradangan yang terjadi pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Alergi ini dapat dipicu oleh berbagai jenis alergen atau zat pemicu alergi, contohnya seperti serbuk sari, debu, atau bulu hewan yang terhirup masuk melalui hidung seseorang.

Gambar oleh Mojca JJ dari Pixabay

Kondisi hay fever ini dapat menimbulkan beberapa macam gejala, seperti bersin-bersin, hidung gatal dan hidung tersumbat. Selain itu, alergi jenis ini juga dapat menyebabkan efek lain seperti munculnya ruam di kulit, mata merah terasa perih dan berair, serta sakit tenggorokan. Hal ini tentu akan sangat menghambat seseorang ketika sedang beraktivitas.

Umumnya gejala hay fever ini tergolong tidak terlalu parah dan mudah untuk diobati. Dengan istirahat yang cukup maka penyakit ini pun dapat berangsur sembuh. Tapi, jika sakit yang Anda alami sudah terlanjur parah dan tidak juga sembuh dalam waktu yang lama, maka Anda harus sesegera mungkin untuk mengunjungi dokter untuk mengatasinya.

Order Blog Sekolah


Metode pengobatan untuk hay fever ini umumnya berbeda-beda. Pengobatan akan tergantung pada tingkat keparahan gejala dan pengaruhnya terhadap aktivitas penderita. Namun secara umum, dengan menghindari pemicu alergi adalah metode penanganan sekaligus pencegahan utama dari hay fever ini yang paling efektif.

Gambar oleh Mojca JJ dari Pixabay

Salah satu cara mengobati gejala rhinitis alergi adalah dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Obat seperti antihistamin, dekongestan, atau obat-obatan sesuai dengan resep dari dokter akan sangat membantu Anda. Terlebih, jika obat ini Anda konsumsi secara rutin setiap hari, maka rhinitis alergi Anda dapat teratasi dengan sangat mudah.

Cara lain untuk mengatasi gejala rhinitis alergi adalah dengan dilakukannya metode irigasi hidung. Metode ini adalah sebuah tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan rongga hidung penderita. Caranya adalah dengan menyemprotkan atau menyedot cairan khusus melalui hidung dan kemudian mengeluarkan cairan itu melalui mulut.

Simak juga artikel rhinitis alergi lainnya yang Anda butuhkan di Gue Sehat sekarang juga. Dengan menyimak sumber referensi artikel yang lain, dijamin Anda pun dapat melakukan pencegahan pada rhinitis alergi ini.

Artikel Terkait

2 komentar untuk Cara Ampuh Obati Rhinitis Alergi

Bijaklah dalam berkomentar Sobat...
Komentar selalu dimoderasi...
Klik Tab Emoticon, untuk mengetahui kode icon...

avatar
Admin Situsnesia
# 7 January 2020 at 07:42

Teman saya alergi terhadap bulu kucing. Biasanya sih, diberi tisu basah untuk penutup hidung.

Balas Hapus
avatar
Wong cilik
# 7 January 2020 at 07:45

Saya sering bersin" ketika habis kena air terutama saat wudhu pas sholat subuh apakah itu juga termasuk alergi ya mas😥

Balas Hapus