Kemunculan ponsel pintar yang semakin bervariasi rupanya belum dibarengi dengan kesadaran akan fungsi RAM smartphone. RAM (Random Access Memory) secara garis besar adalah penyimpanan sementara komputer yang memiliki fungsi untuk mengakses sebuah data secara tetap dalam memori yang bersangkutan.

5 fungsi ram smartphone yang mempengaruhi performa gawai
Gambar oleh Anastasia Gepp dari Pixabay

Untuk smartphone, tak semua gawai membutuhkan RAM berukuran besar. Meski demikian, Anda perlu memperhatikan kapasitas RAM saat hendak membeli ponsel pintar untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan. Pasalnya, ada beberapa fungsi RAM yang berkaitan dengan performa gawai, di antaranya:

Order Blog Sekolah


1. Membantu pemakaian multitasking

Mendukung pemakaian multitasking adalah salah satu fungsi RAM smartphone yang paling umum dijumpai. Semakin besar kapasitas RAM yang tersedia, semakin lancar ponsel pilihan Anda saat menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam waktu bersamaan.

Anda yang tak terlalu tergantung pada aplikasi atau program tertentu bisa memilih smartphone dengan RAM 1GB atau 2GB. Sementara Anda yang tergantung dengan smartphone untuk bekerja dan memakai banyak aplikasi sebaiknya memakai gawai dengan RAM besar.

2. Penyimpanan memori sementara

Seperti yang disebutkan, RAM adalah memori penyimpanan data dalam perangkat elektronik seperti komputer dan ponsel pintar. Akan tetapi, data-data yang disimpan bersifat sementara dan otomatis terhapus saat ponsel mati atau di-restart.

Ketika sebuah program berjalan, maka informasi yang terakses akan disimpan dalam RAM. Untuk menjalankan fungsi RAM smartphone, ada CPU yang nantinya memproses data-data yang masuk sebelum diteruskan ke RAM.

3. Menentukan spesifikasi pada smartphone

RAM juga belakangan menjadi salah satu penentu spesifikasi smartphone. Beberapa orang yang tak terlalu memusingkan komponen dalam mungkin akan melewatkan kapasitas RAM. Namun, pengguna smartphone yang memahami spesifikasi pasti mempertimbangkannya matang-matang.

Anda yang menggunakan smartphone dengan RAM kecil untuk macam-macam aktivitas pasti akan sering mendapati gawai overheating atau mati mendadak. Ada baiknya Anda beralih ke smartphone yang dengan kapasitas RAM sesuai untuk menghindari kerusakan di kemudian hari.

4. Berperan penting dalam desain dan gim

Fungsi RAM smartphone paling terasa dalam gawai-gawai yang dikhususkan untuk desain dan gaming. RAM besar akan membantu Anda saat merancang sesuatu dalam program yang biasanya berukuran besar juga. Apalagi untuk konsep 3D dan animasi yang makan banyak tempat.

Senada juga dengan para gamers yang tak mau permainannya terganggu lag atau overheating. Smartphone dengan RAM dan memori penyimpanan besar adalah tipe gawai favorit mereka, sebab gim-gim berukuran raksasa dapat dimainkan dengan lancar.

5. Mempercepat pemerosesan data

Ram memiliki fungsi untuk melakukan pemerosesan data, data yang di proses ini lebih cepat dari pada rom atau memori internal. Sehingga data akan di olah pada ram lalu nantinya data tersebut baru dijalankan atau di tampilkan. Jadi smartphone dengan ram yang besar membuat smartphone tersebut menjadi lebih cepat dalam pemerosesan datanya.

Apa yang membedakan RAM dengan ROM?

Perubahan spesifikasi smartphone membuat pengguna berkenalan dengan istilah-istilah baru. Selain RAM, ada juga ROM yang sekilas sama, tetapi memiliki perbedaan yang perlu diperhatikan.

Fungsi RAM smartphone dan ROM sebenarnya masih berpusat di memori internal. Hanya saja kalau RAM bertugas sebagai komponen yang menjalankan aplikasi, termasuk menulis dan membaca cepat dalam ponsel, maka ROM adalah tempat penyimpanan program. Biasanya aplikasi-aplikasi yang diunduh akan disimpan di sana tanpa dibaca maupun dioperasikan.

Kemudian, RAM seperti yang telah dibahas merupakan tempat penyimpanan sementara data atau informasi secara acak yang masih bisa Anda akses kapan saja selama ponsel tak mati. Sementara itu, ROM adalah tempat penyimpanan data internal yang sulit diubah maupun dioperasikan. Kemudian, ROM juga tak mempunyai tugas untuk mengoperasikan aplikasi.

Demikian penjelasan seputar fungsi RAM smartphone. Semoga Anda dapat menemukan gawai yang sesuai kebutuhan ! Lihat juga situs : Aguro.net || situs yang membahas dunia seputar teknologi dan informasi.

Artikel Terkait

0 komentar untuk 5 Fungsi RAM Smartphone yang Mempengaruhi Performa Gawai

Bijaklah dalam berkomentar Sobat...
Komentar selalu dimoderasi...
Klik Tab Emoticon, untuk mengetahui kode icon...