Nomor identifikasi pajak atau wajib pajak, yang juga dikenal sebagai NPWP adalah nomor yang dikeluarkan untuk individu dan perusahaan agar bisa melacak kewajiban pajak dan pembayaran yang mereka lakukan ke Ditjen Pajak.

 

Keuntungan Memiliki Nomor Wajib Pajak
 

NPWP dikeluarkan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak Indonesia untuk individu atau bisnis agar lebih mudah dalam membayar kewajiban pajaknya. Berikut adalah fungsi dari adanya NPWP untuk sebuah bisnis maupun perseorangan.

 

Keuntungan Mempunyai NPWP

NPWP mempunyai beberapa fungsi, di antaranya adalah :

  1. Mudah dalam melakukan pembayaran pajak.
  2. Mengidentifikasi akuntan dan firma yang terlibat dalam penyusunan dokumen pajak
  3. Menerbitkan daftar gaji karyawan dan melakukan pembayaran pajak
  4. Diperlukan pada semua dokumen pajak, seperti pembayaran triwulanan atau pengajuan tahunan.
  5. Memungkinkan perusahaan dengan berbagai struktur untuk melaporkan pajak secara akurat dan melakukan pembayaran.
  6. Berfungsi sebagai pengenal entitas perusahaan.
  7. Mudah  mengelola gaji untuk karyawan.
  8. Mengalihdayakan penggajian Anda
  9. Mudah dalam mengajukan permohonan rekening bank atau pinjaman

Apakah Semua Bisnis Memerlukan NPWP?

Jika Anda menjalankan kepemilikan bisnis dalam bentuk perseorangan tanpa karyawan, atau satu orang saja, Anda tidak memerlukan NPWP untuk mengajukan pajak Anda. Namun, jika Anda mengelola karyawan, semua struktur bisnis apapun memerlukan NPWP untuk mengajukan pajak.

 

Mengapa Anda harus mendapatkan NPWP sekarang? Meskipun Anda tidak memerlukan nomor pajak untuk mengajukan pajak Anda sekarang karena saat ini Anda tidak memiliki karyawan, mempersiapkan NPWP sejak dini cukup penting.

 

Mengapa? Sebab itu demi kepentingan terbaik Anda untuk mendapatkannya segera setelah Anda memulai bisnis. Mengapa harus mengurus NPWP dengan sesegera mungkin? Sebab  mendapatkan NPWP saat ini gratis, dan tidak membutuhkan banyak waktu atau tenaga.

 

Dengan NPWP, maka kartu ini memberi Anda kebebasan untuk mengembangkan bisnis Anda di masa depan. Ketika Anda pada akhirnya memutuskan untuk membuka rekening bank bisnis, mempekerjakan karyawan, atau merestrukturisasi bisnis Anda, maka Anda sudah siap.

 

Mempunyai kartu NPWP sekarang akan menghemat satu langkah di kemudian hari, ketika tanggungan Anda sudah banyak dalam mengurus bisnis. Ya, NPWP membantu bisnis Anda berkembang.

 

Ingat, tujuannya NPWP adalah untuk memungkinkan individu dengan kewajiban pajak untuk secara akurat melaporkan pendapatan mereka dan membayar pajak. Selagi NPWP gratis untuk diajukan, mengapa Anda harus menunda-nunda?

 

Apalagi salah satu syarat untuk mengajukan legalitas bisnis adalah memiliki NPWP. Jadi, jangan ragu untuk mengurusnya hari ini. Jangan lupa, kelola keuangan Anda dengan sistematis dan rapi agar bisnis Anda lebih cepat berkembang.

 

Anda bisa kelola keuangan dengan aplikasi akuntansi UKM dari “BukuKas”. Dengan aplikasi akuntansi UKM ini, maka keuangan Anda akan jauh lebih mudah dikelola, apalagi jika sudah mempunyai NPWP. Yuk, unduh aplikasinya segera di smartphone, gratis!

Artikel Terkait

2 komentar untuk Yuk Ketahui Keuntungan Mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak

Bijaklah dalam berkomentar Sobat...
Komentar selalu dimoderasi...
Klik Tab Emoticon, untuk mengetahui kode icon...

avatar
Kurazone
# 23 September 2020 at 11:01

Saya sudah punya mas., dan cara daftarnya dulu via online., enak banget., gak ngantri.,., meskipun begitu ..saya masih belum memaksimalkan kegunaan dari NPWP ini.,

Balas Hapus
avatar
Abu Haqqi
# 12 October 2020 at 14:41

Saya belum punya mas, belum sempat untuk membuatnya, terus untuk sementara belum begitu diperlukan

Balas Hapus