Daftar Wilayah Mengalami Gerhana Bulan Super Blood Pada Tanggal 26 Mei Mendatang

Gerhana bulan merupakan sebuah proses alamiah karena adanya pergeseran rotasi yang terjadi dalam tatanan satelit bumi. Pada tahun 2021 ini setiap orang berkesempatan untuk bisa menikmati beragam keseruan melihat secara langsung gerhana bulan. Pada tanggal 26 Mei 2021 mendatang di prediksi akan terjadi gerhana bulan total (GBT) pada berbagai wilayah seluruh Indonesia. Ini merupakan sebuah fenomena langka bisa setiap masyarakat nikmati keindahannya serta keunikan yang tersedia. Gerhana bulan super blood ini menjadi incaran banyak wisatawan lokal yang datang ke Indonesia.


Gambar oleh Denis Doukhan dari Pixabay



Prediksi mengenai tanggal akan munculnya GBT ini langsung disampaikan oleh R Jamroni sebagai staff BBMKG pada wilayah IV Makassar. 

Jamroni menjelaskan bahwa “fenomena ini terjadi karena adanya perputaran bumi yang mengelilingi bulan dan matahari dan bertepatan pada posisi garis lurusnya”.

Fenomena langka ini bisa Anda nikmati dengan awal munculnya tampak jauh lebih bersinar dan juga cerah daripada pada setiap harinya. Inilah yang biasanya sering kita sebut sebagai supermoon karena ukurannya jauh lebih besar dan terlihat cerah indah untuk kita pandang. Proses selanjutnya adalah terjadinya proses blood mon karena nantinya bulan tersebut akan tampak berwarna merah seperti halnya sebuah tembaga.

“fenomena gerhana bulan super blood ini tentunya terjadi karena adanya gelombang panjang dari sebuah cahaya yang datang ke bumi” Ungkap Jamroni dalam informasi yang beliau berikan.
Setiap orang kini sudah bisa menikmati fenomena langka dan juga unik dari GBT ini tanpa harus menggunakan bantuan alat. Karena kualitas kemerahannya yang begitu tampak jelas akan membuat setiap orang berdecak kagim melihatnya.

Jamroni menyampaikan “fenomena GBT ini menjadi salah satu hal paling spesial karena bertepatan dengan hari perayaan waisak tahun ke 2565” ujarnya.

Lalu Kapan Waktu Mulai Gerhana Bulan Super Blood Ini?


Waktu mulai gerhana bulan super blood

Dari prediksi yang sudah BMKG lakukan tentunya masyarakat bisa menikmati adanya GBT ini mulai dari pukul 15:46:37 WIB. Ini merupakan proses yang terjadi pada fase gerhana penumbra terjadi yang merupakan proses terjadinya GBT.

Jamroni menyatakan “fenomena penumbra ini akan berlangsung selama kurang lebih 3 jam 7 menit dari awal berlangsungnya proses gerhana penumbra hingga berakhir”.

Namun beberapa ahli sudah menjelaskan akan terdapat perbedaan waktu mulai GBT ini tergantung pada wilayahnya masing masing. Bagi Anda yang penasaran tentu perlu simak berbagai wilayah dengan waktu mulai dari GBT ini mulai dari kapan dimulai hingga berakhirnya.

Wilayah yang dapat menikmati GBT tahun 2021 ini

Pada dasarnya terjadinya GBT sendiri melalui beberapa fase penting hingga akhirnya bisa muncul fenomena langka dan indahnya. Fase awal yaitu penumbra terjadi pada wilayah Papua dan kepulauan Aru, sehingga masyarakat dapat menikmati keindahannya pada 17:46:12 WIT.

Awal bulan sebagian akan berlangsung pada beberapa wilayah seperti Papua, Sulawesi, NTT, Maluku pada sekitar pukul 18:44:37 WIT

Sedangkan, hal paling masyarakat tunggu adalah fase GBT secara keseluruhan yang nantinya akan muncul pada seluruh wilayah Indonesia.

Bagi masyarakat yang ada pada wilayah barat seperti Jawa, Kalimantan, dan sekitaranya bisa nikmati fenomena langka ini pada pukul 18:27:57 WIB.

Masyarakat pada wilayah tengah seperti Bali, dan sekitarnya bisa nikmati pada pukul 19:27:57 WITA.
Sedangkan, bagi masyarakat wilayah timur bisa nikmati gerhana bulan super blood indah ini pada pukul 20:27:57 WIT. Itu saja penjelasannya semoga bisa memberikan informasi lengkap mengenai GBT tahun 2021 ini.