Inilah Tips dan Cara Melamar Kerja Via Email Terlengkap

Saat ingin melamar pekerjaan dengan media email, Anda harus mengetahui apa saja cara melamar kerja via email yang baik dan benar agar dapat diterima

Ada berbagai cara untuk melamar pekerjaan ke suatu perusahaan atau instansi, salah satunya adalah dengan menggunakan media email. Saat ingin melamar pekerjaan dengan media email, Anda harus mengetahui apa saja cara melamar kerja via email yang baik dan benar agar dapat diterima di posisi yang diinginkan.


Image by: freepik.com

Email sendiri adalah sebuah platform komunikasi yang mulai hadir sejak tahun 1970 oleh Ray Tomlinson. Keberadaannya yang semakin banyak digunakan oleh masyarakat di era digital seperti sekarang ini membuat kegunaan email semakin berkembang seperti sebagai media mengirim dan menerima lamaran pekerjaan.

Namun, tahukah Anda bahwa saat mengirim lamaran melalui email terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan agar email yang Anda kirim sesuai dengan ketentuan dan syarat umum dari perusahaan? Penasaran apa saja hal-hal yang harus diketahui tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini.


5 Kelebihan Melamar Kerja Via Email

Cara melamar kerja via email HP memiliki berbagai kelebihan yang tidak bisa didapatkan dari cara lainnya. Oleh karena itu, sebelum Anda mengetahui bagaimana melamar kerja via email yang baik dan benar, yuk simak apa saja kelebihan melamar kerja via email seperti yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini.


1. Keamanan Dokumen Terjaga 

Email sudah dirancang sebagai salah satu platform komunikasi yang memiliki keamanan tinggi. Dengan menggunakan email, semua dokumen untuk melamar pekerjaan yang Anda kirimkan akan terjamin keamanannya. Selain itu, mulai dari CV hingga dokumen lainnya hanya bisa diakses oleh Anda sebagai pengirim dan penerima yang bersangkutan, sehingga orang lain tidak dapat sembarangan membukanya.


2. Dokumen Tersimpan Rapi

Cara melamar pekerjaan via email memiliki manfaat menguntungkan lainnya, yaitu dokumen yang Anda kirim akan tersimpan dengan rapi. Email biasanya menyusun setiap dokumen yang masuk sesuai tanggal, sehingga dokumen yang Anda kirim tidak akan menyatu dengan pelamar lainnya atau berada di bagian bawah.


3. Cara yang Praktis

Tahukah Anda, cara melamar kerja via email adalah cara yang paling praktis dan mudah dibandingkan dengan cara lainnya. Kenapa demikian? Karena saat Anda mengirim lamaran melalui email, dokumen yang dibutuhkan tidak perlu dicetak. Anda hanya tinggal mengscan dokumen lalu kirim. Selain itu, Anda pun tidak perlu susah payah menulis surat lamaran di kertas. Mudah bukan?


4. Tanpa Biaya Ongkos

Keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan saat menggunakan cara melamar kerja dengan email adalah tanpa biaya ongkos. Anda hanya perlu menyiapkan paket internet untuk mengakses email dan mengirim dokumen yang diperlukan. Manfaat ini tentunya sangat menguntungkan karena Anda dapat dengan mudah melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan di seluruh dunia dengan cepat tanpa biaya.


5. Pengiriman yang Cepat

Melamar pekerjaan dengan menggunakan cara melamar kerja via email tidak perlu memakan waktu yang lama. Pengiriman dokumen akan disesuaikan dengan kecepatan internet yang Anda miliki, semakin cepat kualitas internet yang Anda miliki maka akan semakin cepat pula pengirimannya. Hal ini tentunya berbeda jika Anda menggunakan jasa ekspedisi yang memerlukan estimasi pengiriman yang berhari-hari.


Nah setelah mengetahui apa saja kelebihan mengirim lamaran kerja melalui email, ternyata cara ini juga memiliki berbagai kekurangan yang wajib Anda ketahui. Yuk simak apa saja kekurangan melamar pekerjaan dengan email berikut ini.


3 Kekurangan Melamar Kerja Via Email

Selain memiliki keuntungan dan manfaat yang memudahkan pengguna dalam mengirim dokumen lamaran pekerjaan, ternyata cara melamar kerja via email yang baik dan benar juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui seperti berikut ini.


1. Bergantung Pada Jaringan Internet

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa menggunakan cara melamar kerja via email harus memiliki jaringan internet yang stabil karena jika tidak maka proses pengiriman berkas lamaran akan terhambat. Hal ini sangat berpengaruh pada pelamar yang berada di wilayah dengan jaringan internet yang terbatas.


2. Tidak Semua Paham Menggunakan Email

Bagi beberapa kalangan yang belum paham tentang teknologi dan komunikasi, email menjadi salah satu platform yang akan sulit digunakan. Perlu diakui bahwa dengan menggunakan cara melamar kerja lewat email yang benar diperlukan adanya pemahaman yang baik terhadap setiap fitur yang diberikan oleh pihak email agar proses pengiriman lamaran kerja dapat terkirim dengan lancar.


3. Bergantung Pada Perangkat

Selain bergantung pada kualitas jaringan internet, cara melamar kerja via email juga bergantung pada perangkat yang dimiliki. Jika perangkat yang Anda miliki rusak atau mengalami gangguan, maka proses pengiriman dokumen pun akan terhambat dan tidak jarang yang mengalami keterlambatan. 

Itulah 3 kekurangan menggunakan cara melamar kerja lewat email agar diterima. Meskipun memiliki kekurangan, tetapi kekurangan tersebut dapat dihindari dengan baik karena kini sudah banyak daerah yang memiliki kualitas jaringan internet yang bagus hingga penggunaan perangkat dengan teknologi yang canggih.

Ketiga kekurangan tersebut tentunya tidak sebanding dengan kelebihan cara melamar kerja via email yang sudah kami bahas sebelumnya. Bagaimana menurut Anda?


Tips Melamar Kerja Via Email

Kini saatnya Anda mengetahui apa saja tips yang harus diperhatikan saat melamar pekerjaan dengan menggunakan media email. Penasaran apa saja tipsnya? Berikut ini informasi yang akan kami berikan untuk Anda.


1. Menyiapkan Dokumen Persyaratan

Tips melamar pekerjaan menggunakan email yang pertama adalah menyiapkan dokumen persyaratan yang sesuai dengan lengkap. Tips yang pertama ini harus diperhatikan agar tidak ada yang tertinggal saat Anda melamar pekerjaan dengan menggunakan cara melamar kerja via email yang baik. Oleh karena itu Anda harus mencermati dengan detail setiap dokumen yang diminta.


2. Nama Email yang Profesional

Setelah menyiapkan setiap dokumen yang diminta oleh pihak perusahaan, pastikan juga nama yang Anda gunakan dalam akun email dapat menunjukan identitas. Dengan menggunakan nama yang sesuai, ini juga akan membuat Anda terlihat lebih profesional dan tidak terkesan berlebihan oleh pihak HRD perusahaan. Nama yang disarankan untuk digunakan di akun email adalah nama asli Anda sendiri.


3. Perhatikan Waktu Pengiriman

Cara melamar kerja via email yang benar haruslah sesuai dengan waktu yang diberikan oleh pihak perusahaan. Pastikan Anda mengirim lamaran tidak melebihi tenggat yang ditentukan oleh perusahaan. Anda juga perlu mengetahui batasan jam mengirim email yang baik. 

Meskipun layanan email dapat digunakan 24 jam tanpa henti, tetapi alangkah baiknya Anda tidak mengirim pesan pada jam off-work. Waktu yang disarankan untuk mengirim lamaran pekerjaan dengan cara melamar kerja via email adalah di jam kerja pada hari senin hingga jumat.


4. Pastikan Menggunakan Format Pengiriman Email Standar

Cara melamar kerja via email tentunya tidak boleh seenaknya. Anda harus memperhatikan gaya bahasa, format pengiriman, hingga file terlampir. Format pengiriman tersebut haruslah sesuai dengan standar pada umumnya. Dengan menggunakan format yang sesuai ini akan memberikan kesan yang baik untuk Anda sebagai pelamar.


5. Judul yang Dapat Memudahkan HRD

Judul yang dapat memudahkan HRD dalam menemukan Anda menjadi salah satu tips yang harus diikuti saat melamar pekerjaan dengan cara melamar kerja via email yang baik dan benar. Namun, tidak jarang perusahaan yang sudah menentukan format judul lamaran. Oleh karena itu, Anda harus memastikan menggunakan judul yang tepat agar dapat ditemukan dengan mudah oleh perekrut.


6. Perhatikan Ukuran File Lampiran

Lampiran yang Anda kirim melalui email haruslah memiliki ukuran yang tidak terlalu besar karena akan menghambat perekrut. Pastikan Anda membuat ukuran file lampiran yang kecil, tetapi tidak mempengaruhi kualitas file yang dilampirkan.


7. Lampirkan File dalam Bentuk PDF

Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan melampirkan file yang akan dilampirkan dalam bentuk PDF. Dengan menggunakan format PDF, file yang Anda kirimkan tidak akan berantakan. Jika Anda menggunakan format .doc atau .docx, bisa saja HRD tidak menggunakan versi Office yang sama dengan Anda dan membuat file tidak terbaca.


Setelah mengetahui berbagai informasi tentang mengirim lamaran via email, di bawah ini adalah cara melamar kerja via email yang baik dan benar agar mudah diterima.


Bagaimana Cara Melamar Kerja Via Email yang Baik dan Benar?

Yuk simak informasi di bawah ini untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai cara melamar kerja via email yang baik dan benar. Check this out!


1. Tulis Email Penerima dengan Benar

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memasukan alamat email penerima dengan benar. Pastikan email yang dimasukan sudah sesuai agar tidak salah alamat bahkan bisa menyebabkan lamaran kerja tidak sampai ke perusahaan yang Anda tuju. Anda juga bisa menambahkan CC atau carbon copy untuk mengirim email yang sama ke beberapa orang yang bersangkutan.


2. Tulis Subject dengan Jelas

Setelah memasukan alamat email penerima dengan benar, cara melamar kerja via email selanjutnya Anda harus mengisi kolom subject dengan jelas. Bagian subject ini diusahakan harus diisi dengan jelas, singkat, dan padat agar tidak bertele-tele dan menyulitkan recruiter. Subject yang banyak digunakan adalah (nama) - (posisi) - Job Application” pastikan subject diisi agar HRD dapat mengetahui tujuan Anda.


3. Isi Bagian Body Email

Body email menjadi bagian inti yang tidak boleh dilewatkan dan diisi dengan seenaknya. Dalam body email ini terdapat berbagai hal yang harus dituliskan, seperti berikut ini:

  • Alasan mengirim email
  • Posisi yang ingin dilamar
  • Kualifikasi yang Anda miliki untuk pekerjaan tersebut
  • Apa yang akan Anda tawarkan untuk perusahaan
  • Kontak yang dapat dihubungi 

Beberapa poin penting diatas harus ditulis dengan lengkap dan jelas agar tidak ada kesalahan. Pastikan juga Anda menyampaikannya dengan bahasa yang formal, singkat, jelas, dan padat agar memberikan kesan baik kepada perekrut. Untuk hal-hal yang lebih lengkap dan jelas lainnya seperti prestasi dan pengalaman, Anda dapat menyampaikannya di CV.


4. Kalimat Penutup

Cara melamar kerja via email yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah kalimat penutup. Kalimat penutup berfungsi untuk mengakhiri pesan. Pastikan kalimat yang Anda gunakan tersampaikan dengan jelas dan tidak bertele-tele. Sampaikan pula harapan Anda agar perekrut dapat mempertimbangkan lamaran pekerjaan yang Anda kirim.


5. Tanda Tangan

Tanda tangan yang harus dilampirkan di bagian penutup ini dapat Anda atur di fitur yang dimiliki oleh email. Selain tanda tangan, Anda juga dapat menuliskan alamat email atau nomor telepon agar memudahkan penerima dalam menghubungi Anda.


Itulah beberapa cara yang harus Anda lakukan saat melamar pekerjaan melalui email. Cara melamar kerja via email agar diterima di atas harus Anda perhatikan dan ikuti dengan baik agar dapat diterima oleh perusahaan. Selain itu, Anda juga harus menjelaskan kualifikasi yang Anda miliki secara lengkap dan menonjol agar dapat terpilih sebagai kandidat untuk posisi yang diinginkan. 

Setelah mengetahui berbagai informasi di atas mulai dari kelebihan dan kekurangan, tips hingga cara melamar kerja via email, bagaimana menurut Anda? Semoga informasi di atas dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. 



Sumber:

  • https://www.pormovil.com/keuntungan-menggunakan-email/
  • https://idcloudhost.com/cara-mengajukan-lamaran-kerja-via-email-yang-baik-dan-benar-beserta-contohnya/
  • https://magazine.job-like.com/kelebihan-kekurangan-cara-melamar-kerja/
  • https://glints.com/id/lowongan/tips-kirim-lamaran-kerja-via-email/#.YMdMi_kzbDd
  • https://glints.com/id/lowongan/cara-melamar-kerja-lewat-email/#.YMdN_PkzbDd
  • https://www.yec.co.id/berita/7-tips-mengirim-lamaran-via-email-yang-baik/
  • https://glints.com/id/lowongan/tips-kirim-lamaran-kerja-via-email/#.YMdQ-PkzbDe